.

Cara merawat baterai HP biar awet

Cara merawat baterai
Asalamualaikum.wr.wb

Apabila sobat semua pernah punya pengalaman gak enak atau bete ketika handphone sobat keseringan drop baterainya, padahal baru di charge?jangan dulu nyalahin merk/jenis Handphonenya, bisa jadi penggunaan yang tidak cermat yang jadi penyebabnya,


Berikut ini adalah sekedar tips- tips yg aku ketahui, untuk merawat baterai Handphone sobat agar dapat lebih awet tahan lama.

  1. Charge batere hanya kalau batere sudah tinggal 1 bar (atau tunggu sampai keluar peringatan batery low)
  2. Matikan HP ketika baterenya sedang dicharge.
  3. Jangan terlalu sering dicharge ( misalkan sehari 3x , jiaaah, kayak makan saja hahaha ) Biasakan mencharge batere sampai penuh, jangan setengah- setengah. Ini karena umur batere dihitung dari jumlah charge-nya. Karna kalau sudah sekian ribu charge, batere akan mulai melemah.
  4. Jika kira-kira baterai sudah penuh, jangan dibiarkan berlarut- larut dalam keadaan masih overcharge (maksudnya kelupaan cabut adaptor batere padahal udah berjam-jam penuh). Kalau perlu tunggui HP ketika dicharge. Begitu penuh langsung cabut.
  5. Ketika sedang dicharge, ada baiknya HP jangan sambil digunakan.
  6. Perhatikan chargernya apakah keadaan charger baik atau tidak.
  7. Hindari benturan – benturan seperti jatuh, juga hindari batere dari basah, lembab, sinar matahari langsung, panas yang menyengat, dan dari benda- benda dengan medan elektromagnetik yang tinggi (mis:TV, microwave, PC, dll)
  8. Jika sedang digunakan , maksimal penggunaan 1 jam. Jika berlarut-larut , baterai akan menjadi terlalu panas, dan bisa mengakibatkan perubahan komponen dalamnya. Yang perlu diingat: Baterai ( baik baterai hp ataupun baterai ABC dan dll) 

yang rusak jangan dibuang sembarangan, karena dapat mencemari lingkungan dan dapat meledak. Yah sobat, cuma sekian yang saya ketahui.

Semoga bermanfaat ya?
Jangan lupa tinggalkan komen anda,

3 komentar:

  1. Waw nice info bung,,

    kunjungi blog kami juga ya

    http://kampoengnagreg.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. terima kasih pak lumayan buat tambah pengetahuan.

    ReplyDelete

 

/> Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...