.

Tips Menyelamatkan Handphone Yang Terendam Air/Kehujanan

menyelamatkan handphone yang terendam air
Handphone (ponsel) sudah menjadi barang yang amat vital bagi setiap orang, bahkan selalu dibawa ke mana pergi. Namun adakalanya ponsel mengalami kerusakan. Penyebabnya bermacam-macam, terkena air karena kehujanan, jatuh di bak mandi, dan lain-lain.

Kalau itu yang terjadi, jangan buru-buru membawanya ke pusat perbaikan. Lakukan P4B (Pertolongan Pertama pada Ponsel Basah). Tapi ingat, jangan menggunakan pengering rambut (hair dryer), dijemur di bawah terik matahari atau lampu. Karena cara-cara ini dapat merusak komponen dan konektor pada ponsel.

Ada cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membuatnya kering luar-dalam seperti sediakala, yaitu menggunakan beras.

Langkah pertama yang mesti anda lakukan, segera matikan ponsel dan lepaskan baterai beserta sim cardnya. Lalu ambil beras dan tempatkan dalam sebuah mangkuk atau wadah dan benamkan ponsel tersebut ke dalam beras.
Beras akan menyedot dan menyerap kelembapan ponsel, karena beras dapat berfungsi seperti gel silika. Kemudian biarkan beberapa jam untuk memastikan ponsel tersebut kering sempurna luar-dalam.

Jika ponsel dirasa telah kering sepenuhnya, pasang kembali baterai dan sim card. Setelah itu aktifkan kembali ponsel anda. Selamat Mencoba!

2 komentar:

  1. Replies
    1. tips diatas emang agak nyeleneh gan, tapi benar2 ampuh..
      sy pernah mencobanya waktu Hp gak mau idup krn kebasahan kena hujan, sy timbun tuh Hp dalam beras semalaman..besoknya sy coba idupin..ehh ternyata bisa..^^

      Delete

 

/> Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...